Feqih

Bab

MUAMALAT DALAM ISLAM(1)

Muamalat dalam segi bahasa merupakan bentuk jama’  dari kata “muamalah” yang berarti “hubungan kepentingan anatara seseorang dengan orang lain”, sedangkan menurut istilah syari’ah islam adalah “ kumpulan hokum yang mengatur hal-hal jyang berhubungan dengan tatacara pergaulan hidup antar sesama umat manusia untuk memenuhi keperluannya sehari-hari.

Tujuan Hukum Mu’amalat adalah terciptanya hubungan yang harmonis anatara sesama umat manusia demi terpeliharanya ketenangan dan ketentraman dalam kehidupan mereka.

Yang termasuk dalam kegiatan Mu’amalah adalah :

A.SYIRKAH

1.Pengertian dan hukum Syirkah

Menurut arti bahasa , syirkah berarti “percampuran”, yakni percampuran anatara sesuatu dengan yang lainnya , sehingga sulit dipisahkan.

Para ulama memperbolehkan aqad syirkah berdasarkan firman Allah :

Artinya : “……………….Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat zalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikitlah mereka ini………………” (Q.S.Shadd,24)

2.Macam-macam Syirkah

Para ulama fiqih membagi syirkah ke dalam 2 bentuk yaitu “syirkah Amlak “ :perserikatan dalam kepemilikan dan “syirkah uqud” :perserikatan berdasarkan suatu aqad .

Syirkah amlak di bedakan menjadi :

1.Syirkah ikhtiar (perserikatan yang dilandasi pilihan orang yang berserikat).

2.Syirkah Jabr (perserikatan yang muncul secara paksa ,bukan atas kemauan orang yang berserikat.

Sedangkan syirkah uqud memiliki bentuk kerjasama yang termasuk dalam kategori akad ini, yaitu :

1.Syirkah ‘Inan : yakni penggabungan harta atau modal dari 2 orang atau lebih yang tidak selalu sama jumlahnya,kemudian keuntungannya di bagi bersama.

2.Syirkah Mufawwadah :perserikatan dengan modal yang sama dari semua pihak yang berserikat ,begitu pula bentuk kerajasama yang mereka lakukan , baik kualitas maupun kuantitasnya haruslah sama , kemudian keuntungannya dibagi rata.

3.Syirkah Abdan : perserikatan dalam bentuk kerja yang hasilnya dibagi bersama

4.Syirkah wujuh : perserikatan tanpa modal

5.Syirkah Mudlarabah : bentuk kerjasama anatara pemilik modal dengan seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang perdaganagan, kemudian keuntungan perdagangan dari modal itu dibagi bersama sesuai dengan perjanjian.

Ditinjau dari segi hukumnya. Para ulama bersepakat bahwa syarikat harta hukumnya ,mubah dan sah, hanya saja ada sedikit perbedaan paham di kalangan para ulama tentang persyaratan dan cara-caranya.

3.Rukun dan syarat syirkah

Rukun syirkah ada 3 yakni : sighat(lafadz ijab dan qabul), dua orang atau lebih yang berakad . dan ada obyek akad (pokok modal atau kerja).

Adapun syarat-syarat syirkah adalah :

  1. lafadz /sighat harus mengandung arti izin untuk membelanjakan harta atau memperdagangkan barang milik syirkah.
  2. Orang yang bersyirkah hendaklah orang yang berakal sehat, dewasa dan tidak ada unsure paksaan dari pihak lain (kecuali syirkah jabr).
  3. Modal dari masing-masing pihak yang berserikat harus disatukan sebelum akad dilaksanakan, sehingga tidak boleh dibedakan antara modal masing-masing pihak yang berserikat.
  4. Prosentase pembagian keuntungan untuk masing-masing pihak yang berserikat dijelaskan ketika berlangsungnya aqad.
  5. Keuntungan diambil dari hasil laba harta perserikatan ,bukan dari harta lain.

4. Hikmah Syirkah

Ada beberapa hikmah yang terkandung dalam syirkah , yaitu :

1.Syirkah dapat menjadi sarana kemajuan suatu masyarakat atau bangsa , bahkan dapat menjadi sarana memperkuat hubungan persaudaraan antar bangsa.

2.Syirkah dapat mengembangkan dan memajukan perekonomian masyarakat dan bangsa yang akan berdampak bagi perkembangan sector-sektor lainnya .

3.Syirkah dapat membantu memberikan solusi bagi problem-problem perekonomian yang dihadapi suatu masyarakat atau bangsa.

Karya Ditulis Oleh : Tresna Maulana F

copyright @tresnamaulanaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s