Kewarganegaraan

Bab

Diskusi Ideologi Pancasila(1)

Bagi seseorang yang mempunyai kesangsian/keraguan terhadap pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia, maka menurut kelompok kami ,mereka harus belajar lebih dalam dan giat  lagi tentang hukum di Indonesia. Bagaimana tidak, secara tidak langsung bila mereka menyangsikan pancasila , tentunya mereka juga telah menyangsikan dirinya sebagai penduduk/ putra-putri Indonesia sendiri. Mau ataupun tidak mau, seseorang yang menjadi warga Negara Indonesia apalagi menjadi penduduk asli Indonesia dan menetap di Indonesia wajib mengikuti tradisi, adat istiadat, hukum ,pedoman dan sikap yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia yang baik serta berlaku di Indonesia. Pedoman yang digunakan di Indonesia adalah Pancasila, maka bila seseorang tidak mau mengikuti pedoman tersebut , maka dia juga tidak layak / tidak pantas untuk menjadi penduduk Indonesia.

Sedangkan bagi sekelompok orang yang ingin mengganti ideologi pancasila dengan ideologi yang lain, hal tersebut mencermikan bahwa mereka ingin mengubah seluruh tatanan pemerintahan Indonesia dan hal ini akan mengimbas pada rakyat Indonesia sendiri baik dalam ruang lingkup sosial, ekonomi, keamanan, dan pendidikan. Memang menjadi hal baik, jika ideology yang dibuat oleh sekelompok orang tersebut dapat menjadikan Indonesia menjadi lebih maju dalam segala bidang dan hal tersebut tergantung dengan tujuan dasarnya oleh orang yang membuat. Tetapi bagaimana jika ideology tersebut  yang membuat adalah orang –orang yang tidak bertanggung jawab dan ingin menghancurkan seluruh tatanan kehidupan di Indonesia? Tentu tidak terbayangkan, bagaimana produk yang dihasilkan nanti  dari ideology yang dibuat oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. Sebenarnya pada dasarnya ,seseorang yang ingin mengganti ideologi pancasila dengan ideologi yang lain hanyalah berupa omongan saja /kata-kata, namun untuk merealisasikannya mereka akan kesulitan. Alasannya karena mereka hanya berkoordinasi dengan 1 kelompok saja, tanpa berkoordinir  dengan kemauan ,keadaan, dan partisipasi dari  rakyat .

Tentu salah, jika kita menganggap kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia adalah meragukan. Kepastian kedudukan dan fungsi pancasila dapat diukur dari isi/ hal-hal dasar yang dicantumkan dalam pancasila tersebut. Faktanya 5 dasar dalam pancasila tersebut merupakan hal-hal yang positif, dalam keyakinan kita, hal yang baik/positif pasti buah yang dipetik adalah hal yang baik pula, walaupun terdapat tantangan yang akan dihadapi. Contoh saat Indonesia menghadapi pemberontak-pemberontak (DI/TII , G 30S/PKI,APRA, RMS,DLL) yang berusaha mengubah tatanan kehidupan di Indonesia, sikap yang dilakukan oleh pemerintahan Indonesia di bidang keamanan (militer) adalah tetap berpedoman kepada pancasila. Kemiliteran Indonesia tidak mau main hakim sendiri tanpa  memikirkan dampak yang akan diperoleh dari sebuah kebijakan. Keberhasilan kemiliteran Indonesia menumpas pemberontak-pemberontak tersebut karena berpedoman kepada pancasila yang memang mereka fahami dengan sungguh-sungguh dan benar. Karena tindakan yang benar dan menang adalah tindakan yang sebelumnya telah difikirkan dengan dampaknya.Oleh karena itu, ideology yang pantas diaplikasikan di Indonesia adalah pancasila , buktinya  pancasila dapat bertahan sampai sekarang , walaupun berlakunya sejak dulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s