Essay pemenang beasiswa dataprint : Essay Mahasiswa

Mau share aja gan, essay ane yg masuk dan terdaftar sebagai pemenang beasiswa data print.

a/n tresna maulana f

beasiswa

Pendidikan, jika kita mendengar kata tersebut maka yang terlintas dalam pikiran  kita  akan merujuk pada kecerdasan. Kecerdasan yang dimaksud adalah kecerdasan pola pikir , mengapa yang menjadi  sudut pandangnya tidak pada kecerdasan emosional? Disitulah letak perbedaan pola pendidikan di Indonesia yang harus diluruskan kembali agar tidak semakin menjurus pada kesalahan pola didik para guru kepada peserta didiknya. Definisi kualitas pendidikan yang baik yakni pola pendidikan yang memiliki keseimbangan antara pengajaran kecerdasan akal dan pikiran dengan kecerdasan emosional dari pendidik yang mempunyai bekal cukup dalam syarat sebagai pengajar kepada yang dididik, sehingga terciptanya keefektifan dalam kegiatan belajar mengajar serta terwujudnya keaktifan peserta didik dalam proses yang berlangsung. Dalam konteks guru, maka yang perlu diperhatikan adalah kualitas sebagai pengajar. Lemahnya pola pendidikan yang diajarkan oleh para guru di Indonesia ini, mereka kurang kreatif dalam mendidik muridnya dan sering memaksakan kehendaknya untuk menyampaikan materi yang diajarnya diluar kemampuan peserta didiknya. Para guru seharusnya bisa menggali potensi peserta didiknya dari kecerdasan pikiran dan emosionalnya bukan menjadikan mereka seperti robot yang harus mengikuti semua materi  yang diajarkan diluar kemampuan mereka. Padahal pendidikan yang baik adalah pendidikan yang bisa membuat nyaman peserta didiknya untuk berpikir dan bertindak kreatif dalam menggali ilmu yang mereka dapat dalam proses belajar mengajarnya, sebab gaya pola berpikir setiap individu itu berbeda sehingga harus ada perhatian dan pembinaan khusus terhadap mereka. Ingat, bahwa keberhasilan dari tujuan pendidikan bukan dilihat dari teorinya, tetapi praktek dalam kehidupan nyata inilah yang harus diimplementasikannya.  Selain itu , materi dan kurikulum yang distandarkan juga mengalami sentralistik yakni bersumber di Jakarta. Jika kurikulum sentralistik seperti ini, maka bagaimana dengan kebutuhan masyarakat kelas  bawah  yang semakin tertinggal pola pikirnya padahal mereka juga ingin mendapatkan pendidikan yang layak dan mengembangkan pola pikirnya? Inilah yang harus diperbaiki oleh baik para guru , pemerintah pusat dan juga partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia ini.

Faktor penentu kualitas pendidikan , antara lain :

  1. 1.      Pola Pengajaran yang Berkualitas

Bagaimana mungkin seseorang yang berkualitas dalam kepribadiannya  bisa menjadi pribadi yang berkualitas  tanpa mendapatkan pola pengajaran yang berkualitas pula. Disinilah yang harus ditekankan pada seluruh pengajar khususnya di Indonesia ini . Sangat penting pola pengajaran yang mengoptimalkan  EQ  (Emotional Question) dari IQ (Inteligent Question) pada setiap peserta didiknya, karena akan berpengaruh dalam  pembentukan kepribadiannya termasuk cara komunikasi dan interaksinya terhadap orang lain.

  1. 2.      Media Pendidikan yang Memadai dengan Update Teknologi

Media untuk kegiatan belajar mengajar secara fisik yakni bangunan gedung sekolah harus memadai dalam ruang lingkup  untuk kuota peserta didik, tempat yang nyaman dan keamanan dari gedung tersebut. Tidak mungkin bisa optimal kegiatan belajar mengajar jika terdapat  kerusakan-kerusakan bahkan kekurangan pada media pengajaran di sekolah tersebut. Update teknologi juga diperlukan dalam proses belajar mengajar.

  1. 3.      Pengajar / Guru yang Mempunyai Lulus Sertifikasi

Sertifikasi bisa membuktikan bahwa guru tersebut memang mempunyai pengalaman lebih dalam kegiatannya sebagai pengajar yang profesional.

  1. 4.      Peserta Didik yang Aktif

Peserta didik tentu harus mempunyai niat untuk mampu menjadi penerus pemimpin bangsa ini, sehingga keaktifan mereka dalam proses belajar bisa menentukan keberhasilan mereka di masa depan.

 

silahkan dicopy , jangan lupa dicantumkan sumber nya ya:)

trims..

 

copyright tresna maulana f

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s